Manfaat Kacang Polong Bagi Tubuh

Kacang Polong Banyak Sekali Manfaatnya ---- Ercis, kacang ercis, atau kacang polong merupakan tumbuhan penghasilsayuran berupa biji berwarna hijau. Ercis didatangkan oleh penjajah Belanda ke Indonesia karena sayuran ini populer di Eropa sebagai bagian dari salad atau sup. Nama "ercis" adalah pinjaman dari bahasa Belanda (erwtjes, "ercis kecil").

Tumbuhan yang berasal dari asia ini masih sejenis dengan kapri (seringkali dicampuradukkan penamaannya). Berbeda dengan kapri, ercis hanya dimakan bijinya dan hampir tidak pernah dimakan dengan polongnya seperti kapri. Sejak ribuan tahun lalu telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan namun sekarang penggunaannya lebih banyak sebagai sayuran atau pakan.

Manfaat kacang polong adalah sebagai berikut :

1. Baik untuk kesehatan jantung
Kacang polong mengandung banyak fitonutrien, yaitu saponin, asam fenolat, dan flavol yang baik bagi kesehatan jantung.

2. Baik untuk penderita diabetes
Kacang polong memiliki indeks glikemik (kemampuan suatu makanan untuk mempengaruhi kadar gula darah setelah dikonsumsi) yang rendah, sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Mencegah kangker
Kacang polong mengandung banyak sekali anti oksidan dan kandungan ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kangker. Kacang polong juga mengandung polifenol cousmestrol yang dapan menurunkan resiko terjadinya kangker lambung.

baca juga  : Anggrek Spathoglottis 

4. Mencegah penuaan dini

Kacang polong kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi kuman dan membuang berbagai radikal bebas di dalam tubuh.

Komentar

Postingan Populer