Trik Cerdas Memilih Daging

Daging Segar ---- Berbelanja di supermarket atau di pasar-pasar tradisional sudah menjadi gaya hidup kita sebagai masyarakat yang hidup dan tinggal di kota ataupun di pedesaan. Tidak terkecuali dalam membeli daging yang akan dikonsumsi. Beragam macam daging tersedia di tempat-tempat tersebut. Kita sebagai konsumen hanya tinggal memilih jenis daging yang diinginkan entah itu daging sapi, daging kambing atau daging ayam. Semua daging yang terpajang memang disajikan dengan baik dan terlihat segar.

Namun ingat guys, sebagai konsumen kita harus tetap diharapkan untuk tetap jeli dan cermat dalam memilih daging yang akan di konsumsi. Ternyata, daging yang dikemas sedemikian rupa pun belum tentu berkualitas baik. 

Salah dalam memilih daging akan mengakibatkan keburukan dalam tubuh kita saat dikonsumsi padahal daging tersebut di awal tampak segar ketika saat dijual.

Berikut adalah Tiga (3) tips mudah dan jitu untuk sobat sekalian dalam memilih daging yang baik dan segar.

1. Perhatikan warna daging
Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk atau tidak baik. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging adalah warnanya. Daging sapi yang segar biasanya berwarna cerah (merah), tidak pucat dan tampak mengkilap. Sementara daging sapi yang sudah tidak segar (rusak) biasanya berwarna kecoklatan, kehijauan, kuning atau bahkan hitam.
(baca juga : Trik Cerdas Memilih Telur )

2. Tekstur daging
Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Jika tidak, berarti daging tersebut sudah tidak baik atau busuk.

3. Bau/Aroma
Daging yang segar memiliki bau yang khas, sementara daging yang sudah tidak baik atau busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.


( baca juga : Tips Cegah Demam Berdarah )
Yap, itulah tips jitu dalam memilih daging. Simple tapi tepat karena sobat tidak perlu terlalu lama berdiri dan membolak-balik tuh daging yang walhasil membuat para penjual geram. :D .


Komentar

Postingan Populer